PHE
Whistleblower System

Apa yang perlu dan dapat dilaporkan ?

Kita ingin menghindari penyalahgunaan proses WBS PHE & memastikan proses pelaporan cukup jelas

Ruang lingkup pengaduan/laporan yang dapat ditindak lanjuti melalui WBS PHE adalah meliputi aduan/laporan yang terkait dengan adanya dugaan pelanggaran terhadap ketentuan hukum, ketentuan internal perusahaan, maupun ketentuan etika dan code of conduct yang diduga dilakukan oleh Insan PHE dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya di perusahaan untuk bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Korupsi
  2. Suap
  3. Gratifikasi
  4. Konflik Kepentingan
  5. Pencurian
  6. Kecurangan/Fraud
  7. Pelanggaran Etika dan Code of Conduct yang berlaku di PHE dan/atau Anak Perusahaan PHE.

Aduan/laporan atas dugaan terjadinya pelanggaran terhadap ketentuan di luar bidang-bidang tersebut diatas dan/atau aduan/laporan terkait pelanggaran yang diduga di lakukan oleh Insan PHE diluar tugas dan tanggung jawabnya di tempat dia bekerja (pribadi) tidak dapat ditindaklanjuti oleh WBS PHE (antara lain: pelanggaran terhadap ketentuan hukum di bidang lingkungan hidup, perselisihan pribadi antar Insan PHE atau antara Insan PHE dengan pihak ketiga diluar lingkup kedinasan, permasalahan fasilitas SDM dan Perusahaan).

Aduan/laporan yang dinyatakan di luar lingkup diatas (out-of-scope) akan diteruskan kepada fungsi terkait (jika masih terkait dengan lingkup kedinasan) menggunakan mekanisme yang ada (jika ada).

Informasi yang perlu diberikan saat melaporkan dugaan tindakan yang tidak benar termasuk:

  1. Informasi mengenai data diri pelapor (pelaporan yang bersifat anonim juga dapat dilakukan, namun sekurang-kurangnya diharapkan terdapat nomor kontak atau alamat email yang dapat kai hubungi jika kami bermaksud untuk meminta informasi tambahan yang diperlukan)
  2. Pokok permasalahan yang diadukan
  3. Pihak - pihak yang terkait
  4. Lokasi Kejadian
  5. Waktu Kejadian
  6. Keterangan apakah sebelumnya aduan/laporan atas hal ini pernah dilaporkan pihak orang lain baik secara formal dan informal