PHE
Whistleblower System

Frequently Asked Question

Kami ingin memastikan bahwa seluruh Insan PHE mengetahui WBS PHE untuk membangunan PHE yang berintegritas tinggi

  1. Q: Mengapa saya harus melaporkan perbuatan tidak benar?

    A: Untuk membantu membuat Pertamina Hulu Energi menjadi tempat yang aman, jujur dan adil untuk bekerja. Perlakuan tidak etis akan ada efek negatif kepada tempat kerja dan reputasi Pertamina Hulu Energi.

  2. Q: Dapatkah saya memilih untuk tidak memberitahukan identitas diri saya?

    A: Saat anda mengajukan laporan/aduan ke dalam WBS PHE, anda dapat memilih untuk tidak memberikan identitas diri anda (anonim) atau anda bisa memberi tahu identitas anda.

    Perlu kami sampaikan bahwa kadang kala identitas diri anda dapat diketahui oleh WBS PHE berdasarkan informasi yang anda cantumkan didalam laporan/aduan.

    Apapun keputusan anda, WBS PHE akan memastikan bahwa identitas anda tidak akan diketahui pihak lain (sepanjang anda tidak memberitahukan kepada pihak lain dan menjaga kerahasiaannya dari sisi anda).

    WBS PHE akan merahasiakan informasi yang anda berikan dan hanya memberitahukan kepada pihak-pihak yang terkait dan telah ditentukan berdasarkan Pedoman WBS PHE, namun demikian, terdapat kemungkinan informasi yang diberikan melalui WBS PHE, apabila telah diputuskan oleh pejabat berwenang di lingkungan PHE dan ditentukan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, akan dapat diberikan kepada pihak yang berwenang di luar PHE (aparat penegak hukum).

  3. Q: Apa yang harus saya laporkan?

    Ruang lingkup pengaduan/laporan yang dapat ditindak lanjuti melalui WBS PHE adalah meliputi aduan/laporan yang terkait dengan adanya dugaan pelanggaran terhadap ketentuan hukum, ketentuan internal perusahaan, maupun ketentuan etika dan code of conduct yang diduga dilakukan oleh Insan PHE dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya di perusahaan untuk bidang-bidang sebagai berikut:

    1. Korupsi
    2. Suap
    3. Gratifikasi
    4. Konflik Kepentingan
    5. Pencurian
    6. Kecurangan/Fraud
    7. Pelanggaran Etika dan Code of Conduct yang berlaku di PHE dan/atau Anak Perusahaan PHE.
  4. Q: Apa yang perlu saya Laporkan ke dalam sistem WBS PHE?

    A: Informasi yang perlu diberikan saat melaporkan dugaan tindakan yang tidak benar termasuk:

    1. Informasi mengenai data diri pelapor (pelaporan yang bersifat anonim juga dapat dilakukan, namun sekurang-kurangnya diharapkan terdapat nomor kontak atau alamat email yang dapat kai hubungi jika kami bermaksud untuk meminta informasi tambahan yang diperlukan)
    2. Pokok permasalahan yang diadukan
    3. Pihak - pihak yang terkait
    4. Lokasi Kejadian
    5. Waktu Kejadian
    6. Keterangan apakah sebelumnya aduan/laporan atas hal ini pernah dilaporkan pihak orang lain baik secara formal dan informasi.

    Diharapkan anda dapat memberikan informasi yang selengkap mungkin.

  5. Q: Bagaimana jika saya mencurigai sesuatu yang tidak benar tapi saya tidak pasti?

    A: Sebagian besar terkuaknya kasus-kasus merupakan "tips" dari orang-orang yang jujur namun tidak yakin akan fakta sebenarnya. Itu tidak menjadi masalah. Kami tidak meminta anda mengetahui semua informasi. Melaporkan apa yang anda ketahui sudah lebih dari cukup.

  6. Q: Setelah saya membuat laporan, apakah saya akan terlibat?

    A: Setelah anda membuat laporan atas kejadian yang tidak benar, anda tidak akan terlibat lagi. Tetapi jika anda memiliki informasi baru atau tambahan, anda bisa membuat perubahan pada laporan. Membuat laporan tambahan melalui email WBS PHE dengan mencantumkan nomor referensi.

  7. 6. Q: Setelah membuat pelaporan, dalam jangka waktu berapa lamakah Pertamina Hulu Energi akan menghubungi?

    A: Pertamina Hulu Energi akan menganalisa laporan yang telah dibuat dalam waktu maksimal 7 x 24 Jam, PHE akan menghubungi pelapor.

  8. Q: Apa saya akan mendapat imbalan setelah membuat laporan?

    A: Tidak ada imbalan yang akan diberikan untuk membuat laporan ke WBS PHE namun anda secara tidak langsung telah berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik demi kemajuan perusahaan.

  9. Q: Berapa kali saya boleh mengajukan laporan ke dalam sistem WBS PHE ?

    A: Anda boleh mengajukan laporan/aduan ke WBS PHE setiap kali anda merasa ada kelakuan tidak benar yang perlu dilaporkan sesuai dengan ruang lingkup laporan/aduan yang telah dijelaskan diatas.

  10. Q: Apakah akan ada proses tindak lanjut setelah laporan dibuat?

    A: Adanya proses tindak lanjut tergantung kepada beberapa hal termasuk, informasi yang diberikan, perincian, dokumentasi dan keputusan pejabat berwenang dilingkungan PHE dan terkait dengan sistem WBS PHE.

  11. Q: Bagaimana dengan sistem WBS PT Pertamina (Persero) atau sistem pelaporan/aduan pelanggaran etika yang ada di lingkungan Anak Perusahaan PHE dimana saya berada?

    A: Seluruh sistem WBS atau sistem pelaporan/aduan pelanggaran etika yang sudah ada dan berlaku di lingkungan PT Pertamina (Persero) dan Anak Perusahaan PHE tetap berlaku dan anda tetap dapat mengajukan laporan/aduan ke dalam masing-masing sistem tersebut.

    WBS PHE merupakan pelengkap terhadap sistem-sistem yang sudah ada dan bermaksud untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi pelaporan dugaan tindakan yang tidak benar di lingkungan PHE maupun Anak Perusahaannya.